BERITA BAIK!! ICELAND BAYAR RM21,700 SEBULAN UNTUK KAHWINI RAKYAT WANITANYA.. TAGGED KAWAN LELAKI ANDA YANG MASIH BUJANG

Iceland kerap menjadi perhatian dunia oleh beberapa laman berita dengan beberapa berita lucu yang berkaitan dengan bilangan penduduk negara itu, adat resam dan tradisi mereka.

Dalam isu-isu yang telah dibincangkan, ada satu isu yang paling terkenal – golongan wanita yang tinggi berbanding lelaki dan dikatakan kerajaan negara Iceland mengeluarkan resolusi untuk penyelesaian tersebut.

Dikatakan, negara itu memberikan AS$ 5,000 sebulan bagi setiap pendatang yang berkahwin dengan wanita Iceland. Bagaimanapun, berita ini adalah tidak relevan dan sekadar jenaka kosong di internet.

Berdasarkan laporan dari Global Peace Index, Islandia adalah negara teraman di dunia.

Setelah 5 tahun berturut-turut Islandia dianugerahi gelar yang membanggakan ini, apa faktor dari dibalik penilaian GPI tersebut ?.

Luas Islandia 102,775km2 dengan populasi 300 ribu jiwa, terbilang sebagai negara dengan ukuran luas dan jumlah penduduk sedikit. Untuk pengamanan nasional, negara Islandia tidak mempunyai “tentara/TNI” seperti kebanyakan negara lain di dunia. Petugas polisi tidak dilengkapi senjata api (pistol atau senapan) dalam tugas keseharian mereka, dengan pengecualian “polisi khusus anti huru-hara/special force”. Tingkat kejahatan pembunuhan sekitar 0-1,5 per tahun dan skala kejahatan yang terjadi terbilang tidak membahayakan dan mengancam kehidupan komunitas secara keseluruhan (masyarakat Islandia tidak hidup dalam ketakutan karena ancaman kejahatan/sindikat).

Di Islandia setiap orang mempunyai hak sama tanpa memandang: jenis kelamin, sexual orientasi (salah satu perdana menteri Islandia (2008) adalah seorang lesbian/homoseksual), maupun agama. Kesenjangan sosial cukup rendah, walaupun pada faktanya ada beberapa anggota masyarakat yang kaya raya, tetapi mereka tinggal dan menetap di lingkungan yang sama (berdampingan) dengan anggota masyarakat ekonomi menengah atau rendah dan mengenyam pendidikan di sekolah yang sama.

Dalam hal gender quality (kesamaan hak antara laki-laki dan perempuan), Iceland menempati ranking ke-1. Bentrokan kekerasan yang di picu isu agama tidak pernah terjadi, tetapi isu agama sering menjadi perdebatan yang hangat cenderung “panas” di sosial media, ataupun ada beberapa oknum yang menunjukkan kebencian kepada salah satu golongan agama dengan aksi-aksi tidak bertanggung jawab yang pada dasarnya tidak membahayakan tetapi hal tersebut mendapat kecaman keras dari mayoritas penduduk Islandia. Situasi damai ini di picu oleh kondisi masyarakat Islandia (sekitar 80% pemeluk Kristen Lutheran) yang bukanlah komuniti religious/fanatik.

Untuk “frequent travelers” dari Indonesia, apabila anda mencari negara yang “aman”, “tenteram”, “nyaman” “indah” dan “unik”, maka Islandia adalah tempat yang ideal untuk di kunjungi.

Sumber: The World Nature

Sumber Nukilan Cerita Kita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here